Jumat, 10 Juli 2015

Tugas 1 Multimedia Pembelajaran

Soal Nomor 1
Bagaimana perkembangan multimedia pembelajaran sekarang?
Jawaban
Penyelenggaraan pembelajaran di satuan pendidikan oleh pendidik harus dilaksanakan dengan interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif (PP No. 19 2005), mendorong pendidik untuk melaksanakannya. Salah satu cara pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang tersebut di atas, di antaranya pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif.
Saat ini istilah multimedia diartikan bentuk transmisi teks, audio dan grafik dalam periode bersamaan (Simonson dan Thompson, 1994) dimaknai sebagai suatu sistem komunikasi interaktif berbasis komputer yang mampu menciptakan, menyimpan, menyajikan dan mengakses kembali informasi berupa teks, grafik, suara, video atau animasi (Gayestik,1992).
Berdasarkan pendapat para ahli tersebut di atas, maka dapat dijelaskan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif adalah pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pendidik dengan menggunakan gabungan media seperti teks, grafik, suara, video, dan animasi  dengan berbagai penyajian. Tujuan penggunaan MPI adalah agar pembelajaran terlaksana dengan interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
Saat ini penggunaan MPI oleh para pendidik mulai dari pendidik di pendidikan dasar, menengah, sampai perguruan tinggi merupakan suatu kebutuhan pokok dalam pembelajaran. Pendidik saat ini dituntut untuk memiliki kemampuan untuk mendesain MPI, serta melaksanakan desain MPI dalam pembelajaran. Fasilitas untuk mendesain MPI saat ini sudah tersedia dengan lengkap berupa komputer, internet, dan bermacam-macam software untuk mendesain teks, gambar, grafik, video, animasi dan lain-lain.

Soal Nomor 2
Apa yang menjadi faktor penghambatnya?

Jawaban
Banyak hambatan pemanfaatan MPI baik dari pendidik, lembaga pendidikan, dan peserta didik. Faktor-faktor penghambat pemanfaatan MPI, di antaranya sebagai berikut di bawah ini.
1.   Faktor Pendidik
Banyak pendidik yang belum menguasai penggunaan komputer dan internet. Tidak semua guru mengerti bahasa pemprograman. Peneliti bidang pendidikan di Australia Geoff Romeo pada 2012 menyebutkan adanya kegagalan implementasi MPI dalam pembelajaran di kelas. Hal itu disebabkan oleh kurangnya kepercayaan guru dalam menggunakan MPI dan keengganan guru untuk berubah dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
2.   Faktor Lembaga Pendidikan
Masih banyak lembaga pendidikan yang belum mampu menyediakan sarana komputer, internet, televisi, radio, CD pembelajaran. Beberapa penyebab semua itu terjadi karena pimpinan sekolah yang masih memandang sarana tersebut tidak penting, atau karena ketidakmampuan membeli alat-alat tersebut.
3.   Faktor Peserta Didik
Faktor ekonomi orang tua peserta didik yang tidak mampu menyebabkan peserta didik yang tidak mampu membeli komputer dan memiliki jaringan internet, dan alat komunikasi, sehingga penggunaan MPI tidak terlaksana secara optimal.

Soal Nomor 3
Apa yang menjadi faktor pendukungnya?
Jawaban
Saat ini faktor pendukung pelaksanaan MPI cukup banyak, di antaranya sebagai berikut di bawah ini.
1.   Tingginya antusias peserta didik mengikuti pembelajaran. Siswa termotivasi sehingga pembelajaran diikuti dengan menyenangkan.
2.   Sarana komputer tersedia di mana-mana dan harganya relatif murah.
3.   Jaringan internet sudah tersambung sampai ke pelosok pedesaan.
4.   Banyak software pendukung untuk desain MPI.
5.   Tenaga pendidik banyak yang sudak menguasai teknologi informasi dan komunikasi.
6.   Terdapat perguruan tinggi jurusan teknologi pendidikan.

Soal Nomor 4
Berikan contoh MPI yang tidak efektif.
Jawaban
1.   Tidak praktis, artinya sulit didapat, harganya mahal, pemakaiannya sulit.
2.   Tidak sesuai dengan pebelajar, artinya media tersebut tidak sesuai dengan tingkat usia dan perkembangan peserta didik.
3.   Tidak memiliki kesuaian sengan proses pembelajaran, artinya tidak sesuai dengan strategi, model, dan metode pembelajaran.

Soal Nomor 5
Berikan contoh MPI yang efektif
Jawaban
1.     Praktis, Apakah media yang dimaksud bersifat praktis dalam arti sudah tersedia dan mudah didapat, tidak mahal, pemakaiannya mudah (tidak memerlukan pelatihan khusus), dimengerti oleh pengajar? Sebelum memutuskan untuk memilih dan menggunakan suatu media pembelajaran, seorang dosen/guru perlu mempertimbangkan hal-hal berikut seperti: (a) jarak pandang dan jangkauan tingkat kedengarannya media tersebut, (b) sejauh mana penggunaan media dapat diinterupsi oleh respon siswa atau aktivitas lain serta pemberian umpan balik kepada siswa; (c) sejauh mana presentasinya dapat disesuaian dengan respon siswa;(d) apakah di dalam pembelajaran diperlukan stimulus yang berupa gerakan, warna, gambar diam, ucapan/suara, tulisan; (e) apakah alur penyajian materi di dalam media bersifat linier atau fleksibel dan dapat diulang-ulang; (f)  kompatibilitas (ketersediaan perangkat pendukung, baik hardware maupun software), (g) kemungkinan gangguan yang ditimbulkan oleh penggunaan media, (h) kemudahan mengatasi masalah yang muncul jika terjadi kegagalan peralatan, dan lain sebagainya
2.     Kesesuaian dengan pebelajar, Apakah media yang dimaksud sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan pengalaman siswa?
3.     Kesesuaian dengan proses pembelajaran, Apakah media tersebut sesuai dengan strategi pembelajaran yang direncanakan? Apakah media tersebut dapat digunakan untuk menyajikan pelajaran yang dirrencanakan secara efektif dan efisien? Apakah media tersebut dapat mempermudah siswa mencapai tujuan belajar yang direncanakan? 
Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih media yang sesuai adalah sebagai berikut: (a) tugas-tugas atau aktivitas belajar yang paling penting serta hasil belajar yang diinginkan; (b) atribut media yang paling cocok untuk diterapkan sesuai dengan hasil belajar yang diinginkan; (c) ketersediaan bahan ajar yang dapat digunakan;(d) kemungkinan penggunaan beberapa teknologi atau media, dan apakah mereka saling melengkapi atau saling mengganggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar