Jumat, 10 Juli 2015



                                STUDI IMPLEMENTASI EVALUASI DI LAPANGAN

I.       Pendahuluan
Dalam persiapan strategi proses belajar mengajar perlu disusun instrumen penilaian dalam standar penguasaan.Penyusunan istrumen penilaian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan penguasaan siswa terhadap suatu materi pokok bahasan.Seperti tercantum dalam buku pelaksanaan penilaian (2001),istilah instrumen penilaian disebut dengan istilah teknik penilaian yang berupa teknik tes dan non tes.
II.      Jenis-jenis Instrumen
Tes merupakan himpunan pertanyaan yang harus di jawab,harus ditanggapi,atau tugas yang harus dilaksanakan orang yang di tes.Alat penilaian tes yaitu: (a) tes tertulis, yang harus diselesaikan oleh siswa secara tertulis.(b) tes lisan yaitu sekumpulan tes atau soal yang diberikan kepada siswa dilaksanakan secara tanya jawab.(c) ters perbuatan,merupakan tugas yang pada umumnyaberupa kegiatan praktek atau kegiatan keterampilan.
Secara teknis penilaian siswa dapat dilaksanakan dengan:
o   Ulangan Harian yaitu ujian yang biasa dilakukan setiap saat. Bentuk soal yang digunakan lebih baik jika uraian.
o   Tugas kelompokyaitu tugas untuk siswa yang dikerjakan oleh kelompok siswa. Jenis tugas kelompok biasanya digunakan untuk menilai kemampuan kerjasama di dalama sebuah kelompok. Bentuk soalnya adalah uraian bebas dengan tingkat perpikir yang tinggi.
o   kuis kuis ini berbentuk isian singkat biasanya menanyakan hal hal yang bersifat prinsip. Kuis dapat dilakukan sebelum pelajaran dimulai.
o   ujian sumatif aitu ujian yang dilaksanakan di akhir pembelajaran setiap Standar Kompetensi. Ujian sumatif bisa disebut juga dengan ujian semester
o   Pertanyaan Lisan yaitu guru menanyakan beberapa pertanyaan kepada siwa dengan tujuan mnguatkan pemahaman terhadap konsep. Teknik bertanya yang baik yaitu mengajukan pertanyaan dengan jelas, lalu memberikan waktu kepada siswa untuk menjawab.
o   Tugas individu yaitu suatu jenis penilaian yang berupa tugas  bertujuan untuk memperkaya materi pembelajaran siswa. Misalnya tugas mengamati gejala atau fenomena di  lingkungan tempat tinggal siswa.
III.             Bentuk instrumen Tes dan Non tes
a  Bentuk Instrumen Tes
Bentuk tes terbagi menjadi dua bentuk, yaitu bentuk soal uraian dan objektif. Soal uraian dapat dibedakan:
Soal Uraian bebas, digunakan untuk mengungkapkan pendapat siswa atau tanapan terhadap suatu objek
 Soal uraian terbatas, yaitu pertanyaan terbuka tetapi jawabannya sudah ditentukan.
Soal uraian terstruktur, yaitu soal yang mengharuskan siswa untuk menjawab pertanyaan berdasarkan data yang tersedia.
.b. Bentuk Instrumen Non Tes
1)      ObservasiObservasi dapat dilakukan pada waktu siswa melakukan proses pembelajara, baik sada saat di dalam kelas maupun pada saat study lapangan.
2)      PenugasanPenugasan dapat dikerjakan secara individu maupun kelompok, biasanya guru dalam memberikan penugasan
3)      DokumentasiPenilaian dilakukan dengan cara melihat karya siswa yang diperoleh selama melakukan kegiatan pembelajaran
Referensi
1.     Evaluasi Pembelajaran ,Drs Asep Jihad,M.pd
2.     https://damarlanhadi.wordpress.com/2012/12/14/mengembangkan-penilaian-hasil-belajar-pendidikan-kewarganegaraan-pkn-sd/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar