STUDI
IMPLEMENTASI EVALUASI DI LAPANGAN
I. Pendahuluan
Dalam persiapan strategi proses belajar
mengajar perlu disusun instrumen penilaian dalam standar penguasaan.Penyusunan
istrumen penilaian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan penguasaan siswa terhadap
suatu materi pokok bahasan.Seperti tercantum dalam buku pelaksanaan penilaian
(2001),istilah instrumen penilaian disebut dengan istilah teknik penilaian yang
berupa teknik tes dan non tes.
II. Jenis-jenis Instrumen
Tes merupakan himpunan pertanyaan yang
harus di jawab,harus ditanggapi,atau tugas yang harus dilaksanakan orang yang
di tes.Alat penilaian tes yaitu: (a) tes tertulis, yang harus diselesaikan oleh
siswa secara tertulis.(b) tes lisan yaitu sekumpulan tes atau soal yang
diberikan kepada siswa dilaksanakan secara tanya jawab.(c) ters
perbuatan,merupakan tugas yang pada umumnyaberupa kegiatan praktek atau
kegiatan keterampilan.
Secara teknis penilaian
siswa dapat dilaksanakan dengan:
o
Ulangan Harian yaitu ujian yang biasa
dilakukan setiap saat. Bentuk soal yang digunakan lebih baik jika uraian.
o
Tugas kelompokyaitu tugas untuk siswa
yang dikerjakan oleh kelompok siswa. Jenis tugas kelompok biasanya digunakan
untuk menilai kemampuan kerjasama di dalama sebuah kelompok. Bentuk soalnya
adalah uraian bebas dengan tingkat perpikir yang tinggi.
o
kuis kuis ini berbentuk isian singkat
biasanya menanyakan hal hal yang bersifat prinsip. Kuis dapat dilakukan sebelum
pelajaran dimulai.
o
ujian sumatif aitu ujian yang
dilaksanakan di akhir pembelajaran setiap Standar Kompetensi. Ujian sumatif
bisa disebut juga dengan ujian semester
o
Pertanyaan Lisan yaitu guru menanyakan
beberapa pertanyaan kepada siwa dengan tujuan mnguatkan pemahaman terhadap
konsep. Teknik bertanya yang baik yaitu mengajukan pertanyaan dengan jelas,
lalu memberikan waktu kepada siswa untuk menjawab.
o
Tugas individu yaitu suatu jenis
penilaian yang berupa tugas bertujuan untuk memperkaya materi
pembelajaran siswa. Misalnya tugas mengamati gejala atau fenomena di
lingkungan tempat tinggal siswa.
III.
Bentuk
instrumen Tes dan Non tes
a Bentuk
Instrumen Tes
Bentuk
tes terbagi menjadi dua bentuk, yaitu bentuk soal uraian dan objektif. Soal
uraian dapat dibedakan:
Soal Uraian bebas, digunakan untuk
mengungkapkan pendapat siswa atau tanapan terhadap suatu objek
Soal uraian terbatas, yaitu pertanyaan
terbuka tetapi jawabannya sudah ditentukan.
Soal uraian terstruktur, yaitu soal
yang mengharuskan siswa untuk menjawab pertanyaan berdasarkan data yang
tersedia.
.b. Bentuk Instrumen Non Tes
1) ObservasiObservasi
dapat dilakukan pada waktu siswa melakukan proses pembelajara, baik sada saat
di dalam kelas maupun pada saat study lapangan.
2) PenugasanPenugasan
dapat dikerjakan secara individu maupun kelompok, biasanya guru dalam
memberikan penugasan
3) DokumentasiPenilaian
dilakukan dengan cara melihat karya siswa yang diperoleh selama melakukan
kegiatan pembelajaran
Referensi
1. Evaluasi
Pembelajaran ,Drs Asep Jihad,M.pd
2. https://damarlanhadi.wordpress.com/2012/12/14/mengembangkan-penilaian-hasil-belajar-pendidikan-kewarganegaraan-pkn-sd/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar