PERSPEKTIF METODE PENELITIAN
PENDIDIKAN
MAKALAH
Diajukan
Sebagai Bahan Penilaian Dalam Matakuliah Metode Penelitian Pendidikan Yang
Diampu Oleh DR. H. Dody Hermana, M.Si
Disusun
Oleh :
Risa
Lies Tripuspita 14864010
Yeni
Rahmawati 14864014
PASCASARJANA
ANGKATAN X KELAS B
SEKOLAH TINGGI
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP GARUT)
2015
Kata Pengantar
Alhamdulillah
segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan akal, budi, dan daya untuk
mengemban amanah sebagai khalifah di muka bumi. Metode Penelitian Pendidikan
dapat dikatakan sebagai alat untuk menyelesaikan penulisan karya ilmiah. Dengan
Metode Penelitian Pendidikankita bisa menentukan bagaimana penelitian yang akan
kita garap itu termasuk pada pendekatan kuantitatif, kualitatif atau R & D.
Melalui
mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan mahasiswa STKIP Program Pasca Sarjana
dapat melakukan kajian teoritis mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Metode
Penelitian Pendidikan. Hasil akhir dari kajian tersebut kemudian buat karya
ilmiah. Semoga hasil tersebut dapat bermanfaat untuk memperkaya khasanah
pemikiran yang berkaitan dengan Metode Penelitian Pendidikan. Walaupun telah
dilakukan upaya untuk menghasilkan karya terbaik, akan tetapi hasil kajian ini
mungkin masih mengandung banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran
masih sangat diperlukan dalam penyempurnaan hasil karya ini.
Proses
kajian yang telah dilakukan memakan waktu, tenaga, dan pemikiran. Banyak
kesulitan selama proses pembuatan hasil karya ini, akan tetapi kesulitan demi
kesulitan Allah hadirkan solusinya. Oleh karena itu sudah selayaknya bersyukur,
walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana.
Garut, 28 Juni 2015
Pemakalah
Daftar Isi
Kata
Pengantar
Daftar
Isi
Bab
I Pendahuluan
A. Latar
Belakang
B. Rumusan
Masalah
C. Tujuan
Pembuatan Makalah
D. Manfaat
Hasil Penulisan
Bab
Ii Pembahasan
A. Pengertian
Metode Penelitian Pendidikan
B. Jenis-Jenis
Metode Penelitian
C. Pengertian
Metode Penelitian Kuantitatif Dan
Kualitatif
D. Perbedaan
Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif
E. Penggunaan Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif
F. Ruang
Lingkup Penelitian Pendidikan
Bab
Iii Kesimpulan
Daftar
Pustaka
Bab I
Pendahuluan
A. Latar
belakang
Setiap
kita melakukan suatu kegiatan yang sifatnya formal harus diakhiri dengan dilakukan adanya suatu
bentuk tertulis yaitu karya ilmiah, dan bentuk tulisan karya ilmiah tersebut
sangat beragam tergantung dari jenjang pendidikan yang kita tempuh. Untuk jenjang
diploma membuat tugas akhir, untuk jenjang SI membuat skripsi, untuk jenjang S2
membuat tesis dan untuk jenjang pendidikan S3 membuat disertasi.
Untuk
pembuatan karya ilmiah tersebut kami rasa perlu untuk mengetahui bagaimana cara
atau metode penelitian pendidikan tersebut, maka kami kelompok satu berusaha
untuk sedikit mengungkap tentang “ Persepektif Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R & D)”.
B. Rumusan
masalah
1. Pengertian
metode penelitian pendidikan
2. Jenis-jenis
metode penelitian
3. Pengertian
metode penelitian kuantitatif dan
kualitatif
4. Perbedaan
penelitian kuantitatif dan kualitatif
5. Penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
6. Ruang
lingkup penelitian pendidikan
C. Tujuan
pembuatan makalah
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, adalah :
1. Untuk
mengetahui Pengertian metode penelitian pendidikan
2. Untuk
mengetahui Jenis-jenis metode penelitian
3. Untuk
mengetahui Pengertian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
4. Untuk
mengetahui Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif
5. Untuk
mengetahui Penggunaan metode penelitian
kuantitatif dan kualitatif
6. Untuk
mengetahui Ruang lingkup penelitian pendidikan
D. Manfaat
hasil penulisan
Hasil
pembahasan makalah persepektif metode penelitian pendidikan (pendekatan
kuantitatif, kualitatif, R & D), diharapkan dapat digunakan untuk kita
memulai menulis karya ilmiah. Dan kita akan lebih tahu dan bisa membedakan data
kualitatif dan kuantitatif sehingga dapat dijadikan acuan untuk pembuatan Skripsi,
Tesis ataupun Disertasi.
Bab
II
Pembahasan
A. Pengertian
metode penelitian pendidikan
Metode
penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan
data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan, dan dibuktikan,
suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk
memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan
(Sugiono;2009).
B. Jenis-jenis
metode penelitian
Jenis-jenis
penelitian terdiri dari :
1. Berdasarkan bidangnya dibagi menjadi bidang akademis,
bidang profesional, dan bidang institusional.
2. Berdasarkan
tujuannya dibagi menjadi murni dan terapan.
3. Berdasarkan
metode dibagi menjadi survey, expostfacto, eksperimen, naturalistik, policy
research, action research, evaluasi, sejarah, dan R&D.
4. Berdasarkan
tingkat ekplamasi dibagi menjadi deskriftif, komparatif, dan asosiatif.
5. Berdasarkan
waktu dibagi menjadi cross sectional, dan longitudinal.
C. Pengertian
metode penelitian kuantitatif dan
kualitatif
Metode
penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang
berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi
atau sampel tertentu, teknik pengembilan sample pada umumnya dilakukan secara
random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data
bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah
ditetapkan (Sugiono;2009).
Sedangkan
metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada
filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang
alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai
instrumen kunci, pengambilan sample sumber data dilakukan secara purpositive
dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data
bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan
makna dari pada generalisasi (Sugiono;2009).
D. Perbedaan
penelitian kuantitatif dan kualitatif
Perbedaan
antara metode kualitatif dengan kuantitatif meliputi tiga hal, yaitu :
1. Perbedaan
dalam aksioma (pandangan dasar)
2. Perbedaan
dalam karakteristik penelitian
3. Perbedaan
dalam proses penelitian
E. Penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
Metode
penelitian kuantitatif dapat digunakan apabila :
1. Bila
masalah yang merupakan titik tolak penelitian sudah jelas.
2. Bila
peneliti ingin mendapatkan informasi yang luas dari suatu populasi
3. Bila
ingin diketahui pengaruh perlakuan/treatment tertentu terhadap yang lain
4. Bila
peneliti bermaksud menguji hipotesis penelitian
5. Bila
peneliti ingin mendapatkan data yang akurat, berdasarkan fenomena yang empiris
dan dapat diukur
6. Bila
ingin menguji terhadap adanya keragu-raguan tentang validasi pengetahuan,
teori, dan produk tertentu.
Sedangkan
metode kualitatif digunakan apabila :
1. Bila
masalah penelitian belum jelas, masih remang-remang atau mungkin malah masih
gelap
2. Untuk
memahami makna dibalik data yang tampak
3. Untuk
memahami interaksi sosial
4. Memahami
perasaan orang
5. Untuk
mengembangkan teori
6. Untuk
memastikan kebenaran data
7. Meneliti
sejarah perkembangan
F. Ruang
lingkup penelitian pendidikan
1. Pengertian
dan pendidikan
Dalam undang-undang
no.20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan diartikan
sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat bangsa dan negara.
2. Lingkup penelitian pendidikan
Lingkup penelitian
pendidikan terdiri dari :
· Lingkup
penelitian pada tingkat kebijakan pendidikan
· Lingkup
peneliti pada tingkat manajerial (manajemen)
· Lingkup
penelitian pada tingkat operasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar