Jumat, 25 September 2015

SAATNYA MEMANJAKAN KOMPUTERKU

Komputer merupakan bagian dari kecanggihan teknologi masa kini. Komputer pada saat ini adalah sebuah benda yang menjadi pembantu paling handal buat kita untuk urusan teknologi dan informasi. Dengan komputer pekerjaan administrasi kita menjadi lebih mudah dan lancar dibandingkan ketika kita masih menggunakan mesin tik. Melalui komputer kita bisa mengakses internet yang memberi begitu banyak dan cepat informasi kepada kita. Seperti benda-benda lain yang kita miliki, komputer yang sering kita pergunakan tentu mengalami "kelelahan" karena pekerjaan, atau mungkin terserang virus yang membuat komputer kita "sakit".  Melihat begitu besar "jasa" komputer kepada kita, sudah sewajarnya kita "memanjakan" dia. Memanjakan komputer dengan cara merawatnya secara baik, agar tetap sehat sehingga tetap bisa menjadi "pembantu handal" kita.
Pada uraian dibawah penulis akan mencoba membahas tentang bagaimana cara merawat komputer.
Komputer terdiri dari "Jiwa" (Software) dan "raga" (Hardware). Seperti halnya pada manusia, agar memiliki kualitas hidup yang baik perlu keseimbangan kesehatan jiwa dan raga. Pada komputer perlu keterawatan yang seimbang antara software dan hardware. Untuk itu, akan saya kemukakan bagaimana cara merawat komputer yang baik untuk software dan hardwarenya. 
1. Perawatan Hardware
Untuk merawat hardware yang perlu kita lakukan diantaranya adalah:
a. Bersihkan motherboard dan peripheral secara berkala, setidaknya enam bulan. Caranya dengan membuka casing kemudian bersihkan motherboard dan peripheral lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikap halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer dengan cover agar debu tidak masuk ke dalam komputer.
b. Pakailah STAVOLT atau UPS, Pibakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

c. Ventilasi yang cukup. Tempatkan monitor maupun CPU sedemikin rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor/ CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang AC di dalam CPU.

d, Jangan sekali-sekali meletakan barang yang memiliki medan magnet dekat komputer. Hal ini akan mengakibatkan warna monitor akan menjadi tidak rata atau belang-belang karena pengaruh medan magnet yang ada pada barang tersebut.



Selain perawatan untuk hardware kita juga harus merawat dari dalam  (software) agar sehat luar dan dalam.
Adapaun perawatan dari dalam diantaranya adalah :

1. Deffrag harddisk secara berkala
Fungsi deffrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.

2. Bersihkan recycle bin secara teratur.
Sebenarnya flie/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari hardddisk karena akan ditampung dahulu di recycle bin. Hal ini dimaksudkan agar apabila suatu saat kita masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet. Dapat juga melakukan penghapusan permanen (yang tidak muncul di recycle bin) dengan cara menekan tombol Shift+Del secara bersamaan. konfirmasi YES

3. Anti Virus yang Update

Lakukan update anti virus yang dimiliki secara berkala. Adanya virus dapat menyebabkan lambatnya akses pada kmputer dan rusaknya system atau data. Bahkan dalam kondisi ekstrim dapat menyebabkan komputer macet/hang/Not responding.

4. Gunakan Operating System yang sesuai.
Sistem operasi akan sangat berpenagruh dengan spesifikasi komputer yang akan digunakan. Disarankan agar diatas batas minimum dari hardware supaya dalam penggunaan dapat maksimal sehingga aplikasi dan volume data dengan spesifikasi komputer yang digunakan.

5. Gunakan program Aplikasi sesuai kebutuhan
Dengan menggunakan program aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan tentunya akan memperpanjang umur software (terlepas dari kode registrasi atau key setiap program aplikasi).

6. Uninstall program yang tidak perlu
Bagi orang yang tidak terlalu memahami mengenai program aplikasi, khususnya yang sering menggunakan internet dan sering download program yang tidak jelas tentunya akan membuat ruang harddisk yang terlalu banyak tersita dan ini akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

7. Tune Up Komputer
TuneUp Utilities adalah perangkat lunak perkakas pelengkap (utility tools) yang dapat dipergunakan untuk memaksimalkan sistem operasi yang bekerja pada komputer. Program ini selain dapat memperbaiki registry juga mampu menata ulang (rewrite) registry Windows, sehingga memperkecil resiko kerusakan sistem dan mempercepat kinerjanya, selain itu juga mampu menghapus data pada harddisk hingga benar-benar tidak berbekas lagi serta berbagai macam pekerjaan perbaikan lainnya.

8. Membersihkan File dengan CCleaner



File perlu dibersihkan agar komputer bekerja dengan baik dan lancar. Salah satu program yang dapat digunakan adalah CCleaner. CCleaner adalah program yang mudah digunakan dan efisien, sangat penting untuk melindungi privasi dan keamanan digital Anda. Dengan menghapus atau membersihkan secara permanen riwayat perambah (browser history), cookies, dan file sementara lainnya yang dibuat selama proses kerja, dan juga ruang tid ak terpakai di disk, CCleaner membatasi cara-cara pihak jahat mengawasi kebiasaa bekerja kita atau menyerang sistem komputer kita.

Demikian usaha-usaha yang dapat kita lakukan dalam rangka "memanjakan" komputer kita agar dia bekerja tetap lancar dan tetap berkualitas.
Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar