Jumat, 04 September 2015

Ujian tengah semester


NAMA : RISA LIESTRIPUSPITA
KELAS : B
NIM :14864010

UJIAN TENGAH SEMESTER
1.      Jelaskan secara terperinci tentang teknologi informasi di pandang dari sudut : Pengertian, Perkembangan ,Pengelompokan, komponen , klasifikasi, sera peran dan manfaat ?
2.      Jelaskan secara terperinci pengertian komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak?
3.      Jelaskan secara terperini tentang pemograman dipandang dari sudut pengertian definisi, Bahasa Pemograman ,serta langkah-langkahnya?
4.      Multimedia berperan positif dan negatif dalam pembelajaran, jelaskan secara rinci dari sudut teoritis dan praktis serta profesi?
5.      Internet berperan positif dan negatif dalam pembelajaran , jelaskan secara rinci dari sudut Teoritis dan praktis serta profesi?


Jawaban no 1
1.    
  Pengertian : Pengertian teknologi informasi artinya    memanfaatkan teknologi untuk         memperoleh dan mengelola informasi.
Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar”. (kamus Oxford, 1995). kesimpulan dari teknologi informasi adalah alat atau perangkat tertentu yang bisa membantu manusia untuk mengolah, mengorganisasikan data atau pesan untuk di sampaikan kepada objek yang di tuju.   Perkembangan : Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
· Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas. 
· Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
·      Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. 
·                     Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
·                     Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
·                     Prosesnya relatif lambat.
·                     Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
·                     Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
·                     Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk
Sejarah perkembangan komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik .
Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·                     Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
·                     Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
·                     Sirkutinya adalah transistor.
·                     Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
·                     Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
·                     berorientasi pada bisnis dan teknik 
·                     Proses operasi sudah cepat
PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Ø  TeknologiMasukan
Teknologi masukan (input technologi) adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam system komputer.Contoh: keyboard, mouse.
Ø  MesinPemroses
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. CPU merupakan bagian system komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengaturpengolahan tersebut
Ø  TeknologiPenyimpanan
Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu: Memory Internal (biasa disebut main memory atau memori utama)
Berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data,   program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU .Contoh: RAM dan ROM. Memory Eksternal (penyimpanan sekunder Adalah segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Contoh: Hardisk, disket, flashdisk.
Ø  Teknologikeluaran
Teknologi keluaran adalah teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan system. Contoh: layar dan monitor.
Ø  TeknologiPerangkatLunak
Teknologi perangkat lunak disebut juga dengan program yaitu deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga computer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki. Contoh: microsoft word, Adobe Photoshop, dll
    Komponen Teknologi Informasi

Komponen Sistem teknologi Informasi adalah suatu alat yang terkoneksi dalam suatu sistem Informasi Teknologi yang digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data
Konsep-Konsep Dasar : Komponen-Komponen Sistem Informasi :
a.                   Hardware atau perangkat keras.
Hardware terdapat tiga macam komponen standar yaitu input, output dan jaringan. Dimana semua komponen tersebut dapat dihubungkan dengan hardware. Komponen input terdiri dari, Mouse, Keyboard, Alat penunjuk, Joystick, Gamepad, Bar code reader dan lainnya. Komponen output seperti printer, monitor dan speaker. Sedangkan komponen jaringan berupa modem dan kartu network.
b.                  Software atau perangkat lunak.
Software merupakan sebuah aplikasi atau pun sistem yang berada di dalam hardware yang biasanya berfungsi untuk mengoperasikan suatu aplikasi dalam hardware. Software bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk program seperti java programming dan ada juga yang berbentuk aplikasi seperti browser yang digunakan untuk melakukan browsing secara internet.
c.                   Basis data
Basis data merupakan suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga mempermudah pencarian informasi. Di bagian basis data terdapat penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya, penjelasan tersebut disebut skema. Skema tersebut menggambarkan objek yang mewakili basis data dan hubungan dari objek tersebut. Ada berbagai macam pemodelan basis data yaitu model rasional, yang memiliki semua informasi dalam bentuk berupa tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri baris dan kolom, serta ada model hierarkis dan model jaringan.
d.                  Prosedur yang merupakan suatu kumpulan aturan yang digunakan untuk mewujudkan suatu  pemprosesan data sehingga menghasilkan output.
e.                   Brainware yang merupakan otak dari kita sendiri
Brainware adalah kemampuan individual dalam melakukan pengolahan

Klasifikasi Teknologi Informasi

Sistem teknologi informasi dapat dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian. Misalnya, menurut fungsi sistem (embedded IT System, dedicated IT system, dan general purpose IT system), menurut departemen atau perusahaan bisnis (sistem informasi akuntansi, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi, dll), menurut dukungan terhadap level manajemen dalam perusahana (sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan, san sistem informasi eksekutif), menurut ukuran dan menurut cara melayani permintaan (klien-server).
Peranan Dan Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Secara umum, teknologi memudahkan manusia untuk saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau serta memiliki potensi mendorong pembangunan masyarakat  yang demokratis. Teknologi seperti inilah yang diperlukan untuk membantu rakyat dalam mengorganisasikan dirinya secara efektif dan efsien untuk kesejahteraannya sendiri
a)      TIK dalam bidang Pendidikan ( e-education)   Bentuk :
1        Penelitian
2        Perpustakaan Online
3        Sarana Belajar Interaktif
4        Akses Informasi Akademik secara Online
   Manfaat bagi peserta didik
b)     TIK dalam bidang Ekonomi (e-bussiness)
1   Dengan  adanya  internet  segala  jenis  transaksi  perdagangan maupun  bisnis dapat dilakukan tanpa perlu beranjak dari meja kerja kita dan tanpa perlu antri berjam-jam di loket-loket pelayanan serta tanpa dibatasi oleh waktu.
2   Dapat melakukan  transaksi  pembelian  barang  secara  online  melalui  internet  (e-buy), perdagangan  barang  secara  elektronik  (e-commerce),  tanpa  kita  harus  ke  tempat tujuan.
3   Dapat melakukan  perdagangan saham secara online (bursa efek)
c)      TIK dalam bidang Pemerintahan (e-government)
1   Meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha
2   Meningkatkan  kepercayaan  masyarakat  terhadap  aparat  pemerintah  dengan   adanya transparansi kegiatan pemerintah.
3   Meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat yaitu masyarakat dapat dilayani  kapan pun dan dimana pun tanpa memandang jam buka kantor dan bahkan tanpa perlu datang ke kantor pemerintahan.
d)     TIK dalam bidang Perbankan (e-banking)
Di  bidang  perbankan,  para  nasabah  juga  sudah  banyak  yang  beralih menggunakan  ATM  (Automatic  Teller  Machine)  ketika  akan  melakukan  transaksi tarik tunai, selain itu nasabah juga dapat menggunakan ATM untuk mengecek saldo, transfer uang, pembayaran tagihan telepon, listrik dan air serta melakukan pengisian pulsa  telepon.  Nasabah  juga  dapat  mengecek  saldo  rekeningnya  dengan  hanya menggunakan  telephone  (phone  banking)  atau  SMS  banking,  dan  penggunaan Internet banking untuk melakukan transaksi yang diinginkan (cek saldo, transfer uang maupun pembayaran tagihan).
e)      Manfaat TIK dalam bidang Sosial
Masyarakat dapat memperoleh  informasi tentang perkembangan daerahnya dan  belajar untuk mengembangkan potensi daerahnya sendiri. Masyarakat dapat melihat berbagai kebutuhan daerah-daerah lain dan kemungkinan besar dapat memasarkan produk dari daerahnya ke daerah lain tersebut.
f)       Manfaat TIK dalam bidang Kedokteran
untuk keperluan medis juga ternyata dipergunakan peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Diantara penggunaanya,alat-alat TIK dimanfaatkan untuk menganalisa penyakit pasien sehingga ada upaya untuk menyembuhkan penyakit pasien secara akurat, misal dengan memfoto kodisi mata pasien, seorang dokter akan mampu menganalisa jenis dan gejala sakit yang dialami pasien.
Jawaban no 2




a.                   Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan telit
b.                  Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya
Ø CPU (Central Processing Unit) Central Processing Unit jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Perangkat keras yang biasanya terdapat pada CPU, adalah:
Ø Harddisk drive (HDD) merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Adayang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB), 80 GB, 160 GB, dan 320 GB. Satu GB sama dengan 1000 Megabyte, sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte.
Ø Floppy Disk Drive Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.
Ø Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.
Ø CD-ROM drive CD-ROM (singkatan dari Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utamayang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
Ø Prosesor
Nah, inilah Brain (otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz). Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini prosesoryang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.
Ø Memori
Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jikakomputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.
Ø Kartu Grafis (VGA Card) Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.
Ø Kartu Suara (Soundcard) Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker.
Ø Motherboard
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatankomputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
Ø Keyboards memungkinkan seorang user untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer
Ø Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol. Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse, akan merubah posisi tampilan pada layar yang merefleksikan perpindahan tersebut. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan pada layar.
Ø Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik.
Ø Printer digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer. Printer ada yang berwarna (color) dan ada yang hitam putih (black and white). Printer berwarna lebih lambat dan lebih mahal daripada printer hitam putih. Juga teknologi yang digunakan untuk mencetak informasi pada kertas bervariasi tergantung tipe printer.
c.         Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Software atau perangkat lunak adalah semua program yang digunakan untuk menjalankan komputer atau perangkat lainnya. Secara umum, ada dua jenis software. Pertama adalah software aplikasi. Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya. Kedua adalah software sistem. Software sistem adalah software yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.
contoh nama Software dan kegunaannya :
Nama Software
Kegunaannya
Gambar Ikon
Winamp
memutar lagu

Microsoft Word
Program pengolah kata

Microsoft Excel  
Program pengolah angka


Jawaban nomor 3

Pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Definisi pemograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.
Bahasa Pemrograman yang kita kenal ada banyak sekali di belahan dunia, tentang ilmu komputer dan teknologi dewasa ini. Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya.
Langkah-langkah pemrograman
-          Mendefinisikan masalah
Ini merupakan langkah pertama yang sering dilupakan orang. Menurut hukum Murphy (oleh Henry Ledgard) “Semakin cepat menulis program, akan semakin lama kita dapat menyelesaikannya”. Hal tersebut berlaku untuk permasalahan yang kompleks. Tentukan masalahnya, apa saja yang harus dipecahkan dengan menggunakan komputer, dan apa inputan serta outputnya.
-              Menemukan solusi
Setelah masalah didefinisikan, maka langkah berikutnya adalah menentukan solusi. Jika masalah terlalu kompleks, maka ada baiknya masalah tersebut dipecah menjadi modul-modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.
-              Memilih alogaritma
Pilihlah algoritma yang benar-benar sesuai dan efisien untuk permasalahan tersebut
-              Memilih program
Pilihlah bahasa yang mudah dipelajari, mudah digunakan, dan lebih baik lagi jika sudah dikuasai, memiliki tingkat kompatibilitas tinggi dengan perangkat keras dan platform lainnya.
-              Menguji program
Setelah program jadi, silahkan uji program tersebut dengan segala macam kemungkinan yang ada, termasuk error-handlingnya sehingga program tersebut akan benar-benar handal dan layak digunakan.
-              Menulis dokumentasi
Menulis dokumentasi sangat penting agar pada suatu saat jika kita akan melakukan perubahan atau membaca source code yang sudah kita tulis dapat kita ingat-ingat lagi dan kita akan mudah membacanya. Caranya adalah dengan menuliskan komentarkomentar kecil tentang apa maksud kode tersebut, untuk apa, variabel apa saja yang digunakan, untuk apa, dan parameter-parameter yang ada pada suatu prosedur dan fungsi.
-              Merawat program
Program yang sudah jadi perlu dirawat untuk mencegah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau mungkin juga pengguna membutuhkan fasilitas baru yang dulu tidak ada.

Jawaban Nomer 4

Berbicara dalam sudut pandang positif, dampak teknologi terhadap pendidikan telah menjadi fenomenal. Menggunakan internet dan komputer sebagai media yang efektif untuk membangun komunikasi antar sekolah, guru, siswa dan orang tua, lembaga pendidikan telah mampu menangani banyak hal yang sebelumnya tidak ditangani dengan mudah karena keterbatasan geografis atau kurangnya teknologi yang memadai.
Peningkatanpembelajaran
Perkembangan teknologi seperti kamera digital, proyektor, perangkat lunak, komputer, presentasi PowerPoint, alat visualisasi 3D, semua ini telah menjadi sumber daya besar bagi guru untuk membantu siswa untuk memahami konsep dengan mudah. Harus dipahami bahwa penjelasan visual dari konsep akan membuat belajar jadi menyenangkan bagi siswa. Mereka dapat lebih berpartisipasi dalam kelas dan bahkan guru mendapatkan kesempatan untuk membuat kelas mereka lebih interaktif dan menarik. Pentingnya teknologi di sekolah-sekolah dapat dipahami dari fakta bahwa hal itu memberdayakan sistem pendidikan dan menghasilkan siswa yang lebih baik.
Dampak negatif
Sebagai guru, akan merasa lebih mudah untuk memberikan materi belajar dengan menggunakan internet sebagai alat komunikasi. Perkembangan teknologi telah membuat hidup lebih mudah bagi guru dan siswa. Namun, di sisi lain terdapat juga dampak negatifnya.
Malas
Teknologi membuat siswa kurang produktif dan malas. Sebuah keyakinan bahwa mesin pencari selalu ada, telah membuat siswa tidak sabar. Mereka hanya melakukan copy paste informasi untuk menyelesaikan tugas dengan cepat.
Curang
Perkembangan teknologi seperti kalkulator grafik, jam tangan berteknologi tinggi, kamera mini, handphone dan peralatan serupa telah menjadi sumber untuk berbuat curang dalam ujian. Hal ini lebih mudah bagi siswa untuk menulis rumus dan catatan pada kalkulator grafik.
KurangnyaFokus
SMS atau pesan singkat telah menjadi hobi favorit banyak siswa. Siswa terlihat bermain dengan ponsel mereka siang dan malam, ketika menyeberang jalan, atau bahkan saat mengemudi dan juga saat berada dalam kelas. Menjadi selalu terhubung ke dunia online telah mengakibatkan kurangnya fokus dan konsentrasi di bidang akademik, bahkan dalam olahraga dan kegiatan ekstra kurikuler. Hal ini tentu tidak mungkin untuk membaca atau belajar pelajaran yang sulit pada saat yang sama, selagi chatting dengan teman, dan tetap login ke facebook. Video game misalnya, juga telah menjadi gangguan terbesar bagi siswa.

Dapat dimengerti bahwa dalam era komputer, hampir tidak ada kebutuhan ketrampilan menulis. Dengan menulis, membuat kita lebih fokus dan memberi kita kesempatan untuk mengekspresikan diri lebih mendalam. Keterampilan menulis juga menyampaikan aspek yang lebih dalam tentang kepribadian kita seperti kemampuan organisasi dan kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide kita dengan cara yang halus. Mengetik di keyboard tidak mengganggu kreativitas dalam menulis. Namun demikian, keterampilan menulis dengan tangan tentu merupakan bagian integral dari pendidikan yang baik.

Jawaban nomer 5
Internet merupakan wadah yang sangat ampuh dalam meningkatkan wawasan serta pengetahuan siapa saja yang terlibat dalam pendidikan. Dengan menggunakan internet setiap materi dapat dijelaskan lebih mendetil sehingga memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan pengetahuannya dengan cepat. Selain itu bagi murid, ia juga dapat meningkatkan pengetahuan tanpa harus menunggu instruksi dari peserta didik.
Manfaat Teknologi Internet dapat diakses dimana saja dan kapan saja diperlukan, mengartikan makna tersebut memiliki maksud bahwa teknologi Internet tidak terikat batas ruang dan waktu. Dengan begitu, pembelajaran bukan saja bisa dilakukan secara tatap muka (di dalam kelas) namun bisa dilakukan juga melalui video online atau pun video offline. Video tersebut juga bisa didownload bila diperlukan untuk dipelajari di rumah, agar bisa dilihat dalam komputer kita sendiri. Selain itu, seorang pendidik atau seorang dosen juga diupayakan memiliki website/blog untuk memberi pembelajaran dan pengajaran agar materi tersebut dapat didownload selain itu dalam materi tersebut juga sertakan tugas esai dan gandanya untuk evaluasi dan siswa-siswi bisa disuruh untuk mengirimnya ke email pendidik atau dosen yang bersangkutan. Juga harus menyediakan absensi siswa online agar bisa memantau siapa saja yang menghadiri perkuliahan atau pembelajaran online tersebut pada waktu itu atau pun bisa memantau pada waktu hari sebelumnya.
Manfaat Teknologi Internet tidak berfungsi untuk menggantikan pembelajaran tatap muka, melainkan teknologi Internet hanya menjadi pilihan bila seorang pendidik atau dosen berhalangan hadir di kelas. Dengan memberi pembelajaran melalui online, baik meninggalkan materi atau video boleh menggunakan situs resminya pihak sekolah sebagai penyimpanan data tersebut atau membuat website/blog pribadi pendidik dan dosen bila sudah mahir dalam mengelola website/blog. Jadi, bisa diartikan seorang pendidik dan dosen dapat dikatakan hadir bila memberi pula pembelajaran melalui online, sehingga pembelajaran atau pengajaran tetap berlangsung. Juga harus ada absensi pendidik online dan absensi dosen online, bila tidak dimungkinkan maka harus memberitahukan kepada pihak sekolah atau kampus agar masih dinyatakan hadir dalam melakukan pembelajaran atau pengajaran dengan pilihan secara online.
Manfaat Teknologi Internet mempermudah pencarian dalam bahan maeri yang diinginkan. Cepatnya perkembangan website/blog jumlah hitungan bulan ataupun tahun, sehingga banyak pula pilihan untuk menjadikan salah satu atau beberapa sebagai referensi namun hasil memilih-milih mana yang sesuai dengan teknik penulisan karya ilmiah, sehingga ketika dikumpulkan tidak mendatangkan masalah. Sebab, beberapa pendidik dan dosen sekarang sudah diperlengkap dengan software dupclicate content (pemeriksa konten yang duplikat/memiliki kesamaan secara utuh) sehingga dapat membedakan mana tugas yang hasil pengolahan data dan pengolahan materi dari sumber atau yang hanya copypaste saja biasanya rumus yang dipakai CTRL+C (copy - salin) dan CTRL+V (paste – letak hasil salinan). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar