Kamis, 08 Oktober 2015

DIGITAL BOOK



Belajar Dimana saja dan kapan saja dengan Digital Book


Pada kesempatan ini mari kita kupas tuntas tentang Digital book, di era yang teknologi canggih pada sekarang ini siapapun bisa belajar dimana saja dan kapan saja dengan digital book .
Digital book atau sering di sebut E-book merupakan singkatan dari Electronic Learning, merupakan cara baru dalam proses pembelajaran yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.E-learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan internet. E-Book memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik hadir di kelas. Pembelajar bisa berada di Bandung, sementara instruktur dan pelajaran yang diikuti berada di tempat lain, di kota lain bahkan di negara lain. Interaksi bisa dijalankan secara on-line dan real time ataupun off-line dan archieved.E-Book disampaikan dengan memanfaatkan perangkat komputer. Pada umumnya perangkat dilengkapi perangkat multimedia dan koneksi internet.E-learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-learning disiapkan, ditunjang, dikelola oleh tim yang terdiri dari para ahli dibidangnya masing-masing, diantaranya adalah :(1) Subject Matter Expert (SME) atau nara sumber dari materi pelatihan, (2) Instructional Designer (ID) yang mendesain materi dari SME menjadi materi e-learning dengan memasukkan unsur metode pengajaran agar materi menjadi interaktif, lebih mudah dan lebih menarik untuk dipelajari, (3)Graphic Designer (GD), mengubah materi teks menjadi grafis dengan gambar, warna dan layout yang enak dipandang, (4) Ahli bidang Learning Management System (LMS), mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.

E-book (Digital book)
v Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pemanfaatan jaringan, dalam hal ini internet.
v Tersedinya dukungan layanan belajar yang dapapt dimanfaatkan oleh peserta belajar.
v Tersedianya dukungan layanan tutor yang dapapt membantu peserta belajar apabila mengalami kesulitan.
v Adanya lembaga penyelenggara/pengelola kegiatan e-book.
v Adanya sikap positif pendidik dan tenaga kependidikan terhadap komputer dan internet.
v Adanya rancangan sistem pembelajaran yang dapat dipelajari/diketahui oleh setiap peserta belajar.
v Adanya sistem evaluasi terhadap kemajuan dan perkembangan belajar peserta belajar.
v Adanya mekanisme umpan balik yang dikembangkan oleh lembaga penyelenggara.



Keunggulan
Dibawah ini adalah beberapa keunggulan e-book :
a. Penghematan biaya
b. Fleksibilitas. Dapat belajar kapan dan dimana saja selama terhubung dengan inernet.
c. Personalisasi. Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan mereka.
d. Standarisasi. Dengan e-learning mengatasi adanya perbedaan yang berasal dari guru, baik dalam hal keilmuannya maupun kepribadiannya.
e. Efektivitas. e-learning lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional.
f. Kecepatan. Distribusi materi pelajaran lebih cepat, karena pelajaran tersebut dapat dengan cepat disampaikan melalui internet.

Hambatan
Kendala atau hambatan dalam pembuatan digital book yaitu :
a. Investasi. Walaupun digital Book pada akhirnya dapat menghemat biaya pendidikan, akan tetapi memerlukan investasi yang sangat besar pada permulaannya.
b. Budaya. Pemanfaatan digital book memerlukan budaya belajar mandiri dan kebiasaan untuk belajar atau mengikuti pembelajaran melalui komputer.
c. Teknologi dan infrastruktur.E-learning memerlukan perangkat komputer, jaringan handal dan teknologi yang tepat.
d. Desain materi. Penyampaian materi melalui e-learning perlu dikemas dalam bentuk berpusat pada pembelajar.

Kekurangan
Adapun yang menajdi kekurangan dari pembuatan  e-book  adalah :
1. Bagi orang yang gagap teknologi, sistem ini belum bisa diterapkan.
2. Keterbatasan jumlah komputer yang dimiliki oleh sekolah juga menghambat pelaksanaan e-learning.
3. Kehadiran guru sebagai mahluk yang bisa berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini.
4. Kemungkinan adanya kecurangan, plagiasi, dan pelanggaran hak cipta.

Digital book dapat disajikan ke dalam beberapa format, diantaranya :
1.     PDF (Portable Document Format)
Format PDF ini merupakan format yang cukup banyak dikenal oleh banyak pengguna. Format PDF dapat dibuka hanya dengan menginstal aplikasi seperti Acrobat Reader atau Foxit Reader. Akan tetapi, ukuran teks dalam format ini umumnya tidak dapat mengikuti ukuran layar atau resolusi layar pada monitor.
2.     EPub (Electronic Publication)
Format ini merupakan format standar yang digunakan untuk buku berbentuk digital. Saat ini, ePub semakin populer dan telah didukung oleh banyak piranti. Format ePub dapat dibuka dengan beragam piranti eReader seperti iPhone, iPod Touch, iPad, Sony Reader dan beberapa piranti lainnya. Selain itu, format ePub juga dapat dibuka pada beragam sistem operasi dengan bantuan aplikasi tertentu.
Keunggulan format buku berbentuk digital ini adalah ukurannya yang relatif kecil dan tampilan halaman yang dinamis. Format ini mampu menyesuaikan dengan ukuran layar piranti yang menampilkannya dan dilengkapi dengan daftar isi yang memudahkan akses pembacanya.
3.     DjVu
Format buku berbentuk digital ini dikhususkan untuk dokumen-dokumen hasil scan. Kelebihan format DjVu adalah mampu menyimpan dan menampilkan hasil scan dengan resolusi tinggi (300-400 DPI). Selain itu, ukuran file yang dihasilkan juga relatif kecil walau terdiri dari banyak image di dalamnya. Ukuran file DjVu bahkan lebih kecil dari format file JPEG dengan kualitas yang sama.   http://microcyber2.blogspot.com/
Untuk membuka file dalam format DjVu pada PC (Personal Computer) atau piranti eReader, dibutuhkan aplikasi pendukung seperti aplikasi DjView, Okular atau Evince untuk Linux, VuDroid untuk Android, dan Stanza untuk iPhone/ iPad.
4.     Mobipocket
Format buku berbentuk digital Mobipocket menggunakan ekstensi .prc atau .mobi. Format buku berbentuk digital ini selama beberapa tahun telah menjadi format buku berbentuk digital yang paling populer untuk membaca buku via PDA atau Smartphone (Windows Mobile, Blackberry, Palm OS, Symbian, PocketPC dan seterusnya).
Kelebihan format buku ini adalah huruf-huruf pada buku berbentuk digital jelas terbaca dan tersusun rapi dalam paragraf-paragraf sehingga tidak membuat mata lelah meskipun membaca buku pada piranti dengan layar berukuran kecil. Di samping itu, format file ini ringan sehingga tidak mengkonsumsi banyak power baterai. Untuk membuka file berekstensi .prc, diperlukan softwarependukung yang bernama Mobireader.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat digital book menggunakan software 3D PageFlip Professional :
1.     Tahap persiapan pembuatan digital book
Siapkan materi/teks yang akan dijadikan digital book. Dalam hal ini file yang dibuat boleh dalam bentuk dokumen .doc/.docx.
Buat beberapa folder yang diperlukan untuk menyimpan file sebagai bahan untuk pembuatan digital book. Siapkan folder :
  • Teks untuk digital book (simpan file teks di folder ini)
  • Hasil Konversi teks ke format .pdf (simpan hasil konversi di folder ini)
  • Gambar-gambar (simpan gambar-gambar yang akan digunakan di folder ini)
  • Musik untuk backsound (simpan file musik di folder ini)
  • Video untuk digital book (simpan video yang akan digunakan di folder ini)
  • Hasil (folder ini merupakan path yang digunakan untuk hasil pembuatan digital book)
Folder-folder yang dibuat tersebut bertujuan untuk memudahkan pencarian data atau file yang dibutuhkan untuk pembuatan digital book sesuai dengan jenis file-nya.
2.     Tahap mengkonversi file .doc ke format .pdf
Untuk mengkonversi file .doc/.docx, kita dapat menggunakan software Nitro Pro 8 atau software lain seperti AbleToExtract, Pdf Maker dan masih banyak lagi software yang dapat digunakan untuk mengkonversi data.
Nitro Pro 8 dapat mengkonversi sekaligus mengkombinasikan dua atau lebih file menjadi satu file .pdf. pada tahap ini anda hanya melakukan konversi file .doc/.docx ker file .pdf dan menyimpannya peda folder “Hasil konversi teks ke format .pdf” yang telah anda buat pada tahap persiapan pembuatan digital book.
3.     Proses pembuatan digital book
Pembuatan digital book dapat menggunakan 3D PageFlip Professional dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Buka software 3D PageFlip Professional
  • Pilih template sesuai dengan keinginan anda
  • Pilih source file yang akan dijadikan digital book dalam format .pdf yang telah anda konversi pada tahap sebelumnya.
  • Setelah file dipilih, tekan tombol “Import”
  • Lakukan pengeturan perancangan digital book pada tools “Design Setting”. Di dalamnya terdapat berbagai pengaturan yang dapat anda lakukan.
  • Anda dapat menyisipkan gambar, lagu sebagai backsound, video/movie dengan menekan icon yang tersedia sesuai dengan keinginan.
  • Setelah pengaturan/perancangan selesai, maka tahap selanjutnya adalah dengan menekan menu “File” -> tekan “Save & exit” -> tekan “Apply Change” -> tekan “Publish” -> pilih format “.3DP” -> pilih path/folder “Hasil” yang telah dibuat pada tahap sebelumnya -> tekan “Convert”. Tunggu sampai proses konversi selesai.
4.     Mengevaluasi hasil pembuatan digital book
Pada tahap ini anda hanya tinggal melihat hasil pembuatan digital book yang telah disimpan dalam folder “Hasil”.
Demikian kupas tuntas Tentang Digital book semoga bermanfaat.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar