Rabu, 12 Agustus 2015

Manfaat Internet Bagi Pembelajaran serta Profesi Guru


Manfaat Internet Bagi Pembelajaran serta Profesi  Guru

Proses Belajar adalah proses untuk merubah dari yang tidak tahu menjadi tahu. Maka didalam belajar terdapat informasi (pengetahuan) yang harus diberikan kepada peserta didik. Untuk memperoleh informasi harus dicari dari sumber-sumber informasi. Salah satu sumber informasi adalah internet. Internet adalah pusat informasi yang multi bidang. Semua aspek kehidupan baik yang berdampak positif maupun negative dapat diakses dan diperoleh dari internet. Oleh karena itu dalam pemanfaatan internet kita harus memiliki filter keimananan serta moralitas yang baik untuk menyeleksi informasi yang akan kita peroleh.
Manfaat internet telah dirasakan dalam berbagai bidang kehidupan mulai dari bisnis, pendidikan, kesehatan & medis, agama, sosial budaya, hingga bidang seni dan musik. Perkembangan internet dapat kita katakan berpengaruh dari berbagai sisi kehidupan, mulai dari hal sederhana sampai yang sangat menentukan bagi kehidupan


Internet selain itu juga dapat menjadi sarana untuk refreshing dari berbagai aktivitas dengan membuka sosial media ataupun hiburan lainnya. Manfaat internet untuk pendidikan yang sangat penting adalah memajukan dunia pendidikan, berkontribusi, serta menciptakan ilmu baru yang bermanfaat bagi masyarakat.


Internet merupakan wadah yang sangat ampuh dalam meningkatkan wawasan serta pengetahuan siapa saja yang terlibat dalam pendidikan. Dengan menggunakan internet setiap materi dapat dijelaskan lebih mendetil sehingga memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan pengetahuannya dengan cepat. Selain itu bagi murid, ia juga dapat meningkatkan pengetahuan tanpa harus menunggu instruksi dari peserta didik.
Manfaat Teknologi Internet dapat diakses dimana saja dan kapan saja diperlukan, mengartikan makna tersebut memiliki maksud bahwa teknologi Internet tidak terikat batas ruang dan waktu. Dengan begitu, pembelajaran bukan saja bisa dilakukan secara tatap muka (di dalam kelas) namun bisa dilakukan juga melalui video online atau pun video offline. Video tersebut juga bisa didownload bila diperlukan untuk dipelajari di rumah, agar bisa dilihat dalam komputer kita sendiri. Selain itu, seorang pendidik atau seorang dosen juga diupayakan memiliki website/blog untuk memberi pembelajaran dan pengajaran agar materi tersebut dapat didownload selain itu dalam materi tersebut juga sertakan tugas esai dan gandanya untuk evaluasi dan siswa-siswi bisa disuruh untuk mengirimnya ke email pendidik atau dosen yang bersangkutan. Juga harus menyediakan absensi siswa online agar bisa memantau siapa saja yang menghadiri perkuliahan atau pembelajaran online tersebut pada waktu itu atau pun bisa memantau pada waktu hari sebelumnya.
Manfaat Teknologi Internet tidak berfungsi untuk menggantikan pembelajaran tatap muka, melainkan teknologi Internet hanya menjadi pilihan bila seorang pendidik atau dosen berhalangan hadir di kelas. Dengan memberi pembelajaran melalui online, baik meninggalkan materi atau video boleh menggunakan situs resminya pihak sekolah sebagai penyimpanan data tersebut atau membuat website/blog pribadi pendidik dan dosen bila sudah mahir dalam mengelola website/blog. Jadi, bisa diartikan seorang pendidik dan dosen dapat dikatakan hadir bila memberi pula pembelajaran melalui online, sehingga pembelajaran atau pengajaran tetap berlangsung. Juga harus ada absensi pendidik online dan absensi dosen online, bila tidak dimungkinkan maka harus memberitahukan kepada pihak sekolah atau kampus agar masih dinyatakan hadir dalam melakukan pembelajaran atau pengajaran dengan pilihan secara online.

Manfaat Teknologi Internet dapat mengajarkan kemandirian siswa-siswi dalam menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kuliah mahasiswaSiswa-siswi akan aktif mengakses Internet untuk menyelesaikan tugas sekolahnya, hingga bisa dimungkinkan untuk menyusun kembali dalam menyesuaikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam tugas sekolah itu. Jika siswa-siswi sudah terbiasa, maka kelak saat sudah menjadi mahasiswa dapat mengolah data dan sumber untuk dijadikan makalah secara baik dan tepat. Sangat diupayakan, sebelumnya siswa-siswi diberi bimbingan dalam menulis makalah agar membiasakan diri dalam menuangkan pemikiran sendiri dan dalam mengutip sumber yang sesuai teknik penulisan yang baik dan tepat agar tidak dianggap penjiplakan atau pembunuhan karakter penulis asli.
Manfaat Teknologi Internet mempermudah pencarian dalam bahan materi yang diinginkan. Cepatnya perkembangan website/blog jumlah hitungan bulan ataupun tahun, sehingga banyak pula pilihan untuk menjadikan salah satu atau beberapa sebagai referensi namun hasil memilih-milih mana yang sesuai dengan teknik penulisan karya ilmiah, sehingga ketika dikumpulkan tidak mendatangkan masalah. Sebab, beberapa pendidik dan dosen sekarang sudah diperlengkap dengan software dupclicate content (pemeriksa konten yang duplikat/memiliki kesamaan secara utuh) sehingga dapat membedakan mana tugas yang hasil pengolahan data dan pengolahan materi dari sumber atau yang hanya copypaste saja biasanya rumus yang dipakai CTRL+C (copy - salin) dan CTRL+V (paste – letak hasil salinan). 
KESIMPULAN
Manfaat internet yang sangat luas dapat dirasakan penuh oleh Pendidik atau peserta didik yang di zaman teknologi yang tumbuh pesat ini sangat di rasakan penting Untuk proses kegiatan belajar.  

DAFTAR PUSTAKA 
http://manfaat.co.id/40-manfaat-internet-dalam-berbagai-bidang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar