Jumat, 10 Juli 2015



PERSPEKTIF METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
(PENDEKATAN KUANTITATIF, KUALITATIF, R&D)


MAKALAH

Diajukan Sebagai Bahan Penilaian Dalam Matakuliah Metode Penelitian Pendidikan Yang Diampu Oleh DR. H. Dody Hermana, M.Si

Disusun Oleh :
Risa Lies Tripuspita 14864010
Yeni Rahmawati 14864014


  
















PASCASARJANA ANGKATAN X KELAS B
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP GARUT)
2015
Kata Pengantar

Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan akal, budi, dan daya untuk mengemban amanah sebagai khalifah di muka bumi. Metode Penelitian Pendidikan dapat dikatakan sebagai alat untuk menyelesaikan penulisan karya ilmiah. Dengan Metode Penelitian Pendidikankita bisa menentukan bagaimana penelitian yang akan kita garap itu termasuk pada pendekatan kuantitatif, kualitatif atau R & D.
Melalui mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan mahasiswa STKIP Program Pasca Sarjana dapat melakukan kajian teoritis mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Metode Penelitian Pendidikan. Hasil akhir dari kajian tersebut kemudian buat karya ilmiah. Semoga hasil tersebut dapat bermanfaat untuk memperkaya khasanah pemikiran yang berkaitan dengan Metode Penelitian Pendidikan. Walaupun telah dilakukan upaya untuk menghasilkan karya terbaik, akan tetapi hasil kajian ini mungkin masih mengandung banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran masih sangat diperlukan dalam penyempurnaan hasil karya ini.
Proses kajian yang telah dilakukan memakan waktu, tenaga, dan pemikiran. Banyak kesulitan selama proses pembuatan hasil karya ini, akan tetapi kesulitan demi kesulitan Allah hadirkan solusinya. Oleh karena itu sudah selayaknya bersyukur, walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana.

Garut,  28 Juni  2015
Pemakalah


Daftar Isi

Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A.    Latar Belakang
B.    Rumusan Masalah
C.    Tujuan Pembuatan Makalah
D.    Manfaat Hasil Penulisan
Bab Ii Pembahasan
A.    Pengertian Metode Penelitian Pendidikan
B.    Jenis-Jenis Metode Penelitian
C.    Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif Dan  Kualitatif
D.    Perbedaan Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif
E.     Penggunaan  Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif
F.     Ruang Lingkup Penelitian Pendidikan
Bab Iii Kesimpulan
Daftar Pustaka





Bab I
Pendahuluan

A.    Latar belakang
Setiap kita melakukan suatu kegiatan yang sifatnya formal  harus diakhiri dengan dilakukan adanya suatu bentuk tertulis yaitu karya ilmiah, dan bentuk tulisan karya ilmiah tersebut sangat beragam tergantung dari jenjang pendidikan yang kita tempuh. Untuk jenjang diploma membuat tugas akhir, untuk jenjang SI membuat skripsi, untuk jenjang S2 membuat tesis dan untuk jenjang pendidikan S3 membuat disertasi.
Untuk pembuatan karya ilmiah tersebut kami rasa perlu untuk mengetahui bagaimana cara atau metode penelitian pendidikan tersebut, maka kami kelompok satu berusaha untuk sedikit mengungkap tentang “ Persepektif Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, R & D)”.

B.    Rumusan masalah
1.   Pengertian metode penelitian pendidikan
2.   Jenis-jenis metode penelitian
3.   Pengertian metode penelitian kuantitatif dan  kualitatif
4.   Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif
5.   Penggunaan  metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
6.   Ruang lingkup penelitian pendidikan

C.    Tujuan pembuatan makalah
Berdasarkan rumusan masalah diatas, adalah :
1.   Untuk mengetahui Pengertian metode penelitian pendidikan
2.   Untuk mengetahui Jenis-jenis metode penelitian
3.   Untuk mengetahui Pengertian metode penelitian kuantitatif dan  kualitatif
4.   Untuk mengetahui Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif
5.   Untuk mengetahui Penggunaan  metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
6.   Untuk mengetahui Ruang lingkup penelitian pendidikan

D.    Manfaat hasil penulisan
Hasil pembahasan makalah persepektif metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, R & D), diharapkan dapat digunakan untuk kita memulai menulis karya ilmiah. Dan kita akan lebih tahu dan bisa membedakan data kualitatif dan kuantitatif sehingga dapat dijadikan acuan untuk pembuatan Skripsi, Tesis ataupun Disertasi.




















Bab II
Pembahasan

A.    Pengertian metode penelitian pendidikan
Metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan, dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan (Sugiono;2009).

B.    Jenis-jenis metode penelitian
Jenis-jenis penelitian terdiri dari :
1.     Berdasarkan  bidangnya dibagi menjadi bidang akademis, bidang profesional, dan bidang institusional.
2.     Berdasarkan tujuannya dibagi menjadi murni dan terapan.
3.     Berdasarkan metode dibagi menjadi survey, expostfacto, eksperimen, naturalistik, policy research, action research, evaluasi, sejarah, dan R&D.
4.     Berdasarkan tingkat ekplamasi dibagi menjadi deskriftif, komparatif, dan asosiatif.
5.     Berdasarkan waktu dibagi menjadi cross sectional, dan longitudinal.

C.    Pengertian metode penelitian kuantitatif dan  kualitatif
Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengembilan sample pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan (Sugiono;2009).
Sedangkan metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sample sumber data dilakukan secara purpositive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi (Sugiono;2009).

D.    Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif
Perbedaan antara metode kualitatif dengan kuantitatif meliputi tiga hal, yaitu :
1.     Perbedaan dalam aksioma (pandangan dasar)
2.     Perbedaan dalam karakteristik penelitian
3.     Perbedaan dalam proses penelitian

E.     Penggunaan  metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
Metode penelitian kuantitatif dapat digunakan apabila :
1.     Bila masalah yang merupakan titik tolak penelitian sudah jelas.
2.     Bila peneliti ingin mendapatkan informasi yang luas dari suatu populasi
3.     Bila ingin diketahui pengaruh perlakuan/treatment tertentu terhadap yang lain
4.     Bila peneliti bermaksud menguji hipotesis penelitian
5.     Bila peneliti ingin mendapatkan data yang akurat, berdasarkan fenomena yang empiris dan dapat diukur
6.     Bila ingin menguji terhadap adanya keragu-raguan tentang validasi pengetahuan, teori, dan produk tertentu.
Sedangkan metode kualitatif digunakan apabila :
1.     Bila masalah penelitian belum jelas, masih remang-remang atau mungkin malah masih gelap
2.     Untuk memahami makna dibalik data yang tampak
3.     Untuk memahami interaksi sosial
4.     Memahami perasaan orang
5.     Untuk mengembangkan teori
6.     Untuk memastikan kebenaran data
7.     Meneliti sejarah perkembangan

F.     Ruang lingkup penelitian pendidikan
1.     Pengertian dan pendidikan
Dalam undang-undang no.20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
2.     Lingkup  penelitian pendidikan
Lingkup penelitian pendidikan terdiri dari :
·       Lingkup penelitian pada tingkat kebijakan pendidikan
·       Lingkup peneliti pada tingkat manajerial (manajemen)
·       Lingkup penelitian pada tingkat operasional








Tidak ada komentar:

Posting Komentar