Senin, 06 Juli 2015



MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PROFESI GURU BAHASA INGGRIS


 

Kini teknnologi informasi dan komunikasi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Terutama di dunia Pendidikan ,Teknologi sangat erat kaitan nya dengan dunia Pendidikan
Jika di tinjau dari segi Pendidikan, teknologi informasi sesungguhnya sangat erat kaitannya dengan pendidikan dewasa ini. Bagaimana tidak, dalam kehidupan sehari-haripun manusia sudah memanfaatkan teknologi untuk segala hal. Dalam dunia pendidikan itu sendiri, teknologi informasi dapat digunakan sebagai alat atau pun media pembelajaran, tentunya untuk melengkapai alat atau media yang telah ada sehinnga menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan.
Membicarakan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi TI oleh para guru dalam proses pembelajaran di sekolah tidak lepas dari berbagai unsur yang saling terkait sata sama lain, yaitu; 1) sarana, prasarana, dan perangkat yang tersedia; 2) tingkat penguasaan guru dalam pemanfaatan Teknologi Informasi3) kebijakan pimpinan dalam mendukung pemanfaatan TI. 4) pendidikan dan pelatihan para guru; dan 5) kendala-kendala guru dalam penggunaan TI. Kelima unsur yang terkait ini diuraikan per bagian dengan maksud nantinya diperoleh penjelasan, dan pada akhirnya diharapkan diperoleh pemahaman yang benar.
Salah satu metode belajar yang sangat efektif bagi guru untuk membina peserta didik menggunakan teknologi adalah  Pembelajaran Interaktif.Terutama dalam mata pelajaran Bahasa inggris snagat efektif jika menggunakan pembelajaran Interaktif.Manfaat Teknologi Informasi Sebagai Pembelajaran Interaktif Selain memungkinkan terjadinya komunikasi tanpa batas ruang dan waktu, teknologi interaktif juga bisa dimanfaatkan untuk mencakup pembelajaran interaktif. Pembelajaran cara ini merupakan pembelajaran yang kaya media, kaya informasi, dan kaya komunikasi. Dengan menggunakan teknologi interaktif, manusia bisa belajar dari materi yang disampaikan dengan format multimedia. Dalam pembelajaran interaktif berbasis teknologi, belajar menjadi lebih menarik karena diperkaya dengan suara, gambar, gambar bergerak, dan tingkat interaktivitas dengan media tersebut. Tetapi, yang lebih utama adalah menggunakan teknologi untuk memungkinkan interaksi dengan instruktur, sesama pelajar, dan sumber belajar lain di luar batas ruang (di perusahaan lain, negara lain, benua lain, dan di industri yang lain) agar pembelajaran dan pengalaman belajar menjadi lebih berarti dengan hasil yang lebih baik. Survei di bidang pembelajaran bahasa Inggris membuktikan bahwa pembelajaran di kelas dengan kualitas guru yang baik, yang diperkaya dengan pembelajaran berbasis teknologi interaktif dapat mengurangi waktu belajar secara signifikan. Dengan demikian pembelajaran berbasis teknologi interaktif dengan kualitas guru yang sama menjadi 40 persen sampai 60 persen lebih cepat daripada belajar di kelas tanpa bantuan media apapun.Demikian manfaat Teknologi Informasi Bagi guru dan peserta didik yang lebih memudahkan guru untuk berinteraksi dengan pebelajar yang efektif,efisien kapanpun dan dimanapun.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar